Berita

Usai Hadiri Hajatan, Belasan Warga Sumurgenuk Lamongan Reaktif Covid-19

Selasa, 22 Juni 2021 - 13:15
Usai Hadiri Hajatan, Belasan Warga Sumurgenuk Lamongan Reaktif Covid-19 Satgas Covid-19 dan Pemerintah Desa Sumurgenuk, Kecamatan Babat, Lamongan memberikan bantuan kepada warga yang menjalani isolasi mandiri. (FOTO: MFA Rohmatillah/ TIMES Indonesia)

TIMES LAMONGAN, LAMONGAN – Belasan warga Desa Sumurgenuk, Kecamatan Babat, Kabupaten Lamongan, Jawa Timur diketahui reaktif Covid-19 setelah menghadiri hajatan di Bojonegoro.

Kepala Desa Sumurgenuk, Supaat membenarkan jika saat ini ada belasan warganya yang reaktif usai menghadiri hajatan di Bojonegoro dua pekan yang lalu.

Menurut Supaat, kasus tersebut bermula ketika ada dua warga yang ikut menghadiri hajatan tersebut terpapar Covid-19. Mengetahui hal itu, Satgas Covid-19 desa setempat kemudian bergerak cepat untuk melakukan tracing.

"Setelah 2 warga ini kami dari desa kemudian melakukan tracing dan menggelar swab antigen kepada warga yang ikut acara hajatan ini," kata Supaat, saat dikonfirmasi, Selasa (22/6/2021).

Dari tracing yang dilakukan Satgas Covid-19 tingkat desa tersebut, terdapat sebanyak 14 warga yang hasilnya reaktif.

Untuk mencegah penularan lebih luas, ke-14 warga yang reaktif Covid-19 tersebut melakukan isolasi mandiri di rumah masing-masing.

Warga yang menjalani isolasi mandiri mendapatkan bantuan dari pemerintah desa berupa kebutuhan sehari-hari selama menjalani isolasi mandiri serta memantau satu persatu rumah tempat warga yang melakukan isolasi.

"Selama warga isolasi, desa memberikan bantuan ke warga berupa sembako, susu, vitamin dan juga kelapa muda yang bisa memperkuat imun tubuh," kata Supaat.

Selain itu, upaya memutus rantai penyebaran Covid-19 juga dilakukan pemerintah Desa Sumurgenuk, Kecamatan Babat, Kabupaten Lamongan dengan melakukan penyemprotan disinfektan keliling kampung dengan melibatkan Brimob dari Kelapa Dua Jakarta. "Kami juga gencarkan sosialisasi terkait ketaatan terhadap protokol kesehatan," kata Supaat. (*)

Pewarta : MFA Rohmatillah
Editor : Wahyu Nurdiyanto
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Lamongan just now

Welcome to TIMES Lamongan

TIMES Lamongan is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.