https://lamongan.times.co.id/
Berita

Pilkada 2024, PDI Perjuangan Lamongan Tutup Penjaringan Bacabup-Bacawabup

Rabu, 08 Mei 2024 - 10:36
Pilkada 2024, PDI Perjuangan Lamongan Tutup Penjaringan Bacabup-Bacawabup Ketua DPC PDI Perjuangan Lamongan Husen saat membuka pendaftaran Bacabup dan Bacwabup Kabupaten Lamongan di kantor, (Foto: Moch. Nuril Huda/TIMES Indonesia)

TIMES LAMONGAN, LAMONGAN – Pnjaringan pendaftaran Bakal Calon Bupati dan Wakil Bupati (Bacabup-Bacawabup) Kabupaten Lamongan pada Pilkada 2024 yang telah dibuka DPC PDI Perjuangan Lamongan telah berakhir. 

"Kemarin malam resmi kita tutup. Kalau ada pihak yang masih ingin mendaftar, kita arahkan ke DPD atau DPP. Karena itu sudah menjadi kewenangan diatas kita," kata Husen, Ketua DPC PDI Perjuangan Lamongan, Rabu (8/5/2024). 

Mas Husen mengungkapkan, nama-nama Bacabup yang sudah mendaftar ke DPC PDI Perjuangan Lamongan. Antara lain, yakni Yuhronur Efendi, Khusnul Yaqin, KH Abdul Rouf, Roba'i, Debby Kurniawan dan Niken. 

"Sedangkan yang mendaftar sebagai Bacawabup hanya dua yakni, Sukandar dan Dirham Akbar Aksara," ucapnya. 

Tahap selanjutnya, Mas Husen menyampaikan, DPC PDI Perjuangan Lamongan akan melakukan rekap berkas pendaftar baik Bacabup maupun Bacawabup. 

"Pemberkasan selambat-lambatnya pada tanggal 31 Mei 2024. Kemudian kita melakukan pemetaan potensi para calon. Kemudian kita melakukan pelaporan ke DPP," ujarnya. 

Pada tahap pemetaan potensi Bacabup dan Bacawabup yang telah mendaftar ke DPC Lamongan, Mas Husen menyebutkam, membutuhkan waktu 2 (dua) minggu. 

"Nah, lamanya waktu pemetaan potensi ini karena kita harus meminta masukan dan pendapat dari masyarakat," tuturnya. 

Selain itu, Mas Husen mengungkapkan, untuk memperoleh pemetaan potensi calon juga melalui hasil survey para pihak. 

"Karena minimal elektoral dan elektabilitas dari Bacabup maupun Bacawabup harus 5 persen keatas. Karena ini menjadi modal awal para kandidat," katanya. 

Tak kalah penting, Mas Husen membeberkan, DPC PDI Lamongan juga menunggu dinamika partai politik (parpol) yang ada di Kabupaten Lamongan. Karena, menurutnya, pola yang digunakan parpol lain masih sama. 

"Dengan melihat dinamika parpol, potensi calon serta pertimbangan elektabilitas dan elektoral calon. Sehingga kita bisa memberikan dasar ke DPP penerbitan surat rekom bagi kandidat calon Bupati dan Wakil Bupati yang diusung PDI Perjuangan," ujar Mas Husen. (*)
 

Pewarta : Moch Nuril Huda
Editor : Wahyu Nurdiyanto
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Lamongan just now

Welcome to TIMES Lamongan

TIMES Lamongan is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.