https://lamongan.times.co.id/
Berita

Dekatkan Layanan Kesehatan Peternakan di Lamongan, Pak Yes Resmikan UPT Puskeswan Mantup

Jumat, 26 April 2024 - 17:49
Dekatkan Layanan Kesehatan Peternakan di Lamongan, Pak Yes Resmikan UPT Puskeswan Mantup Bupati Lamongan Yuhronur Efendi didampingi Kepala Disnakeswan Lamongan dan Kabid Dinas Peternakan Provinsi Jatim meresmikan UPT Puskeswan Mantup, Jum'at (26/4/2024), Foto : Prokopim Lamongan for TIMES Indonesia)

TIMES LAMONGAN, LAMONGAN – Sebagai upaya mendekatkan layanan peternakan kepada masyarakat, khususnya para peternak di Kabupaten Lamongan, Unit Pelaksana Teknis (UPT) Puskesmas Hewan (Puskeswan) Mantup telah diresmikan. 

Kehadiran UPT Puskeswan Mantup ini diharapkan bisa berjalan dengan baik dan memenuhi ekspektasi masyarakat, terutama dalam memberikan kebutuhan konsultasi kesehatan hewan. 

Hal ini disampaikan Bupati Lamongan Yuhronur Efendi usai meresmikan UPT Puskeswan Mantup, Jum'at (26/4/2024). 

"Hadirnya UPT ini bisa mendekatkan layanan konsultasi kesehatan hewan, inseminasi buatan (IB), pengawinan, pakan, dan lainnya. Sehingga mereka tidak perlu jauh-jauh ke Lamongan (Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Lamongan)," ujar Pak Yes, 

Kehadiran UPT Puskeswan Mantup menambah jumlah UPT Puskeswan di Lamongan menjadi 7, yang tersebar di Solokuro, Sukodadi, Tikung, Kedungpring, Modo, dan Sukorame. 

"UPT ini juga diharapkan dapat melayani populasi ternak di Kabupaten Lamongan yang terdiri dari 96.632 ekor sapi potong, 7 ekor sapi perah, 94.632 ekor kambing, 70.238 ekor domba serta hewan ternak unggas," katanya. 

Sementara itu, Kepala Bidang Kesehatan Hewan Dinas Peternakan Provinsi Jawa Timur, drh. Iswahyudi mengapresiasi, langkah nyata Pemkab Lamongan dalam menyediakan layanan bagi peternak. 

"Puskeswan ini mampu memberikan layanan paripurna dengan membangun kedekatan dengan para peternak," tutur drh Wahyudi. 

Namun, Wahyudi berpesan agar UPT Puskeswan tidak hanya berfokus pada bangunan fisik, tetapi juga memenuhi kebutuhan tenaga medis ternak agar terwujudnya layanan paripurna bagi masyarakat. 

"Pendekatan seperti ini, layanan kepada masyarakat dapat tercapai dan kemudian peternak bisa beternak dengan baik," ujarnya.

Dikesempatan yang sama, Kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Kabupaten Lamongan, Shofiah Nurhayati, mengungkapkan, saat ini Puskeswan Mantup memiliki 3 dokter hewan dan 7 paramedis IB.

Lebih lanjut, Shofiah menjelaskan, pelayanan Puskeswan terbagi menjadi dua macam yakni pelayanan pasif dan aktif. 

"Untuk yang pasif, pemilik hewan datang ke puskeswan dengan membawa hewannya. Sedangkan aktif, petugas mendatangi ternak di kandang-kandang peternak," kata Shofiah. 

Selain meresmikan UPT Puskeswan Mantup, Pak Yes juga menyerahkan bantuan hibah unit olahan pakan ternak senilai Rp 400 juta kepada 8 (delapan) kelompok tani ternak (KTT).

Pewarta : Moch Nuril Huda
Editor : Irfan Anshori
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Lamongan just now

Welcome to TIMES Lamongan

TIMES Lamongan is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.