Gaya Hidup

Ternyata Obat Ini Bisa Jadi Pemicu Muncul Batu Ginjal

Senin, 21 Juni 2021 - 15:31
Ternyata Obat Ini Bisa Jadi Pemicu Muncul Batu Ginjal Dokter spesialis urologi RSUD dr. Soegiri Lamongan, dr Budi Himawan saat memberikan konsultasi kepada pasien terkait seputaran batu ginjal, Senin (21/06/2021), (FOTO: Moch. Nuril Huda/TIMES Indonesia)

TIMES LAMONGAN, LAMONGAN – Beberapa obat bisa menjadi pemicu munculnya batu ginjal jika dikonsumsi tanpa dosis yang tepat dan tidak diimbangi dengan minum air. Obat tersebut diantaranya, obat maag, obat (minuman) pelangsing, pereda nyeri dan obat bagi penderita HIV.  

Dokter spesialis urologi RSUD dr. Soegiri Lamongan, dr Budi Himawan menuturkan, pada prinsipnya memang ada beberapa obat-obatan yang bisa memicu munculnya batu ginjal.

“Obat maag jika dikonsumsi tidak sesuai dengan dosis yang pas akan memicu munculnya batu ginjal. Makanya penggunaan obat ini tetap harus di konsultasikan kepada dokter. Begitu juga obat-obatan pasien penderita HIV tapi kasus ini jarang terjadi,” ujar dr. Budi Himawan, Senin (21/06/2021).

Selain itu, ungkap dr. Budi Himawan, obat (minuman) untuk pelangsing juga bisa menjadi pemicu munculnya batu meski tidak secara langsung. Karena menurutnya, di dalam kandungan obat (minuman) pelangsing terdapat zat (obat) untuk mengurangi nafsu makan.

“Jika pasien melakukan aktivitas yang berlebih dan minumnya airnya sedikit maka akan terjadi dehidrasi sehingga urinenya akan menjadi pekat. Nah saat inilah bisa muncul batu di saluran kandung kemih,” katanya.

Budi sapaan dr. Budi Himawan menjelaskan, secara teori penyebab batu yang ada di ginjal sampai dengan saluran kencing atau uretra disebabkan gangguan metabolisme, infeksi, kelainan anatomi dan gangguan fungsi.

“Penyakit penyerta seperti diabetes militus, orang yang sering mengalami infeksi itu akan bisa memicu munculnya batu, bentuk ginjal yang tidak sesuai dengan seharusnya dan pembekakan prostat atau Benign Prostate Hyperplasia (BPH). Keempat faktor ini bisa memicu munculnya batu,” ucapnya.

Namun secara umum penyebab batu ginjal yang sering kali dialami pasien, tutur Budi, jika dikarenakan kebiasan sehari-hari yang tidak sehat. Menurutnya, batu bisa muncul bagi mereka kurang memiliki aktivitas dan kurangnya minum air putih.

“Pekerjaan yang lebih banyak duduk-duduk selama seharian sering kali memicu munculnya batu di saluran kandung kemih akibat adanya stagnasi dari urine. Selain itu juga kurangnya minum air. Tapi kalau hal ini dilakukan oleh mereka yang memiliki kelainan bawaan atau infeksi maka munculnya batu bisa 3-4 kali lipat lebih besar dari pada orang yang normal,” tuturnya.

Budi juga menyatakan, secara teori tidak ada obat yang bisa menghilangkan batu ginjal namun ada beberapa jenis batu yang bisa diberikan obat. “Batu golongan asam urat adalah batu yang paling mungkin bisa kita berikan obat yakni dengan merubah kondisi asam menjadi basa. Sedangkan batu golongan infeksi maka infeksinya harus diberantas dulu akan tetapi batunya kita lakukan tindakan,” tutur Dokter spesialis urologi RSUD dr. Soegiri Lamongan, dr Budi Himawan. (*)

Pewarta : Moch Nuril Huda
Editor : Faizal R Arief
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Lamongan just now

Welcome to TIMES Lamongan

TIMES Lamongan is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.