https://lamongan.times.co.id/
Pendidikan

Dilepaskan, Siswa SMPN 1 Lamongan Persembahkan Mahkota Depan Orang Tua

Selasa, 22 Juni 2021 - 21:37
Dilepaskan, Siswa SMPN 1 Lamongan Persembahkan Mahkota Depan Orang Tua Siswa Kelas IX SMPN 1 Lamongan yang mempersembahkan mahkota dengan menghafalkan Al-Qur’an bagi siswa muslim dan kitab suci bagi agama lain di depan orang tuanya sebelum masuk ruang pelepasan, Selasa (22/06/2021). (Foto: Moch. Nuril Huda/TIMES Indonesia)

TIMES LAMONGAN, LAMONGAN – Sejumlah siswa SMPN 1 Lamongan memberikan mahkota kepada orangtuanya sendiri dalam acara pelepasan siswa kelas IX. Mahkota yang mereka berikan adalah persembahan menghafalkan Al-Qur’an bagi siswa muslim dan kitab suci bagi agama lain.

Kepala Sekolah SMPN 1 Lamongan Khoirul Anam menuturkan, pelepasan siswa kelas IX SMP Negeri 1 Lamongan harus menghafalkan Al-Qur’an bagi siswa muslim dan kitab suci bagi agama lain didepan orang tuanya sendiri.  

“Itu adalah sebuah ajaran yang harus dipercaya. Dan pelepasan seperti ini sudah dipraktikkan oleh SMP Negeri 1 Lamongan dengan tema Ayah Ibu Kupersembahkan Mahkota,” ujar Khoirul Anam, Selasa (22/06/2021).

Persembahan tersebut diberikan siswa, jelas Anam sapaan Khoirul Anam, sebelum memasuki ruang pelepasan. Bagi yang agama lain, katanya,  menghafalkan kitab suci. Sedangkan siswa muslim menghafalkan surat-surat pendek juz 30 dalam Al Quran.

"Anak-anak tidak hanya menghafalkan surat - surat pendek. Tapi ada juga yang juz 1 sampai juz 6, " akunya.

Untuk tetap mematuhi protokol kesehatan (prokes) pelepasan siswa kelas IX, ujar Anam, manajemen SMP Negeri 1 Lamongan juga melibatkan 4 orang anggota Satpol PP. Selain itu, kata Anam, para siswa yang menerima surat keterangan lulus (SKL) dibagi dalam dua gelombang selama 3 hari bergiliran.

“Ada 10 kelas dibagi tiga hari, satu hari dua gelombang dengan jedah waktu masing - masing satu jam. Ini sebagai upaya menghindari kerumunan, " ucap Kepala Sekolah SMPN 1 Lamonganjuga meneruskan harapan sejumlah orang tua siswa yang menginginkan tradisi persembahan mahkota dengan menghafalkan Al-Qur’an dan kitab suci dipertahankan. (*)

Pewarta : Moch Nuril Huda
Editor : Irfan Anshori
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Lamongan just now

Welcome to TIMES Lamongan

TIMES Lamongan is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.